Kamis, 10 April 2014

Legenda Pribadi Bagai Lentera mewujudkan Mimpi


            Legenda pribadi merupakan suatu karunia  dan berkah serta jalan yang telah dipilih Tuhan  untuk kita jalani selama hidup. Hanya saja, tidak semua orang menemukan legenda pribadinya. Bahkan tidak semua insan menyadari bahwa di dalam dirinya tersimpan harta berharga bagi hidupnya.
            Legenda pribadi bagaikan jalan mewujudkan mimpi, di mana dibutuhkan tekat dan hasrat yang bernama antusiasme. Namun, ada beberapa penghalang besar ketika kita akan mewujudkan impian kita. Penghalang tersebut adalah:
1.      Tidak Mungkin
Ketika ada pepatah “Tidak ada yang tidak mungkin”, maka kita akan mudah mengucapkannya atau sekedar meng”iya”kan. Kenyataannya kita tidak terlalu yakin, bahkan meragu akan kata-kata itu. Akhirnya kita menikmati hidup yang terkotakan oeh kebiasaan, sangat sulit untuk berbuat yang luar biasa. Sehingga mimpi-mimpi kita dibuat menjadi sesuatu yang tak nyata lagi. Pada titik itulah legenda pribadi  begitu dalam terkubur dalam jiwa, sehingga tak nyata sama sekali, meskipun demikian ia tetap ada di jiwa kita, pada diri kita.
2.      Cinta dan Takut Melukai
Ketika kita telah mempunyai keberanian untuk menggali dan mengangkat impian kita, maka kita akan dihadapkan pada “Cinta”. Kita tahu apa yang harus kita lakukan tapi terkadang kita takut untuk melukai orang-orang di sekitar kita. Bahkan kita sebenarnya harus mampu meninggalkan mereka untuk mewujudkan impian. Terkadang kita tidak menyadari bahwa cinta adalah momentum lebih lanjut, bukan sesuatu yang akan mencegah kita maju. Dan semestinya seseorang yang menginginkan kebaikan dan mencintai kita, maka seharusnya siap untuk menemani kita dalam perjalanan mimpi tersebut.
3.      Takut Gagal
Kita menerima bahwa cinta adalah stimulus yang membuat  kita kuat menghadapi segala rintangan, ketautan yang akan ditemui selama perjalanan.  Mewujudkan mimpi dengan berjalan bersaa legenda pribadi bukanlah jalan yang mudah. Kita akan dihadang oeh masa-masa sulit, ujian kesabaran dan keyakinan. Lalu, apakah kekalahan atau kegagalan itu perlu? Baik diperlukan atau tidak, kekalahan atau kegagalan itu terjadi.  Takut ataupun berani kesalahan itu pasti terjadi. Karena, bila seseorang pertama kali berjuang untuk mewujudkan impian-impiannya, tentunya belum punya banyak pengalaman sehingga ia banyak melakukan kesalahan. Meskipun demikian, rahasia hidup adalah; jatuh tujuh kali dan bangkit delpan kali.
4.      Takut Terwujud

Setelah menggali impian kita, setelah menggunakan kekuatan cinta untuk memberi nutrisi pada impian kita dan hidup bertahun-tahun dengan banyak bekas luka, kita tiba-tiba sadar. Bahwa apa yang selalu ita inginkan ada di sana, menunggu mungkin persis esok hari.  Kemudian muncul rintangan keempat, yaitu: rasa takut akan terwujudnya impian yang telah diperjuangkan sepanjang hidup. Banyak orang yang ketika legenda pribadnya hampir tercapai, malah melakukan serangkaian kesalahan dan tak pernah mencapai tujuan mereka padahal tinggal selangkah lagi. Inilah hambatan yang berbahaya. Di sinilah dibutuhkan kepercaayan dan keyakinan diri yang besar hingga kita mampu menyadari dan mengerti perjalanan ini haruslah datang dengan alasan Tuhan. Mengapa sampai sejauh perjuangan ini kita dapat berdiri di sini. Rahasianya kekuatan kita selalu di uji lebih berat ketika langkah terakhir menuju mimpi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar