Kamis, 10 April 2014

PUISI



Apa itu puisi?
Puisi adalah kata-kata yang membentuk pengetahuan. Kata-kata yang pada mulanya memiliki makna sendiri, kemudian selain dipertemukan, difungsikan sehingga membentuk wancana dengan makna yang lebih  dalam. Puisi adalah rangkaian kata yang bercampur menjadi sesuatu yang bermakna.  Seperti halnya adonan makanan, bahwa makanan dibentuk oleh seperangkat bahan-bahan makanan yang berbeda, kemudian dicampurkan, diaduk dan diolah menjadi makanan tertentu. Bahan makanan dari puisi adalah kata.

Kata-Kata dalam puisi akan saling bertemu, membentuk diri, bercakap-cakap dan bermertamorfosis melahirkan makna yang berbeda. Dengan makna ketika kata hanya berdiri sendiri.  Kata dalam leteral dan kata dalam puisi  terkadang memiliki makna yang berbeda, bahkan bertentangan. Tetapi mereka tetap dalam satu gambar. Gambar kata yang terbentuk dari susunan abjad, atau karakter bunyi, artikulasi yang sama.


Bila puisi memiiki makna dari Kata-kata, siapakah yang memproduksi puisi? Penyair atau Pembaca? Keduanya memproduksi puisi, karena puisi adalah kata, dan kata datang dengan maknanya. Maka, penyair memproduksi makna melalui kata-kata. Pembaca memproduksi makna melalui kata-kata. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar